SPESIFIKASI MINIMAL INSTALL LINUX MINT 17



SPESIFIKASI MINIMAL INSTALASI LINUX MINT

Assalamualaikum Wr.Wb

Anda pengguna linux? Sebelumnya apakah anda sudah memahami tentang spesifikasi minimal instalasi linux mint?. Jika beelum disini akan di jelaskan spesifikasi minimal dalam instalasi linux mint, disini akan dibahas tentang spesifikasi hardware meliputi RAM (Random Access Memory), Processor, Harddisk, dll.


1. Pendahuluan

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Dan dapat dietahui pula bahwa linux merupakan kloningan dari minix.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

2. Latar belakang

setelah menetahui tentang sejarah b=linux dan perkembangannya mari kita dalami tentang instalasi dan spesifikasi minimal dalam melakukan instalasi supaya sistem dapat di jalankan secara maksimal.

3. Maksud & tujuan

Untuk mengetahui spesifikasi minimal pada saat instalasi linux mint dan aar supaya sistem dapat beroperasi secara maksimal.

4. Penjabaran Spesifikasi

a. x86 Processor



Spesifikasi pertama untuk menjalankan Linux Mint 17 ialah prosesor dengan arsitektur x86. Jika kalian menggunakan Linux Mint 64-bit, maka kalian perlu prosesor 64-bit. Namun, jika kalian menggunakan Linux Mint 32-bit, maka tak perlu khawatir. Linux Mint 32-bit dapat digunakan pada prosesor 32-bit dan 64-bit.

b. 512 MB RAM



Selanjutnya ialah RAM. Linux Mint 17 memerlukan RAM minimal 512 MB – 1 GB
untuk kegiatan multi tasking. Namun, sangat direkomendasikan RAM yang kalian miliki di atas 512 MB atau setara 1 GB - 2 GB.

c. Ruang kosong Harddisk



Spesifikasi selanjutnya ialah kapsitas ruang kosong harddisk minimal 5 GB agar saat di jalankan sistem dapat bekerja secara maksimal.

d. Graphics Card Capable of 800×600 Resolution

Spesifikasi minimal berikutnya agar Linux Mint 17 dapat berjalan secara smooth di komputer ialah kartu grafis yang kalian miliki harus mempunyai resolusi minimal 800×600. dan alangkah baikknya resolusinya lebih besar daripada itu. Dengan tujuan agar VGA tidak kepenatan.

e. CD/DVD Drive atau USB Port




Terakhir, kalian membutuhkan CD/DVD drive atau USB Port. Kegunaannya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk menginstal Linux Mint 17 ini.

5. Penutup

itulah tadi penjabaran tentang spesifikasi minimal dalam melakukan instalasi linux mint versi 17 dan semoga bermanfaat.

6. Referensi

https://www.google.co.id/search?q=hardware+komputer&biw

                                                                               Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Uji coba
admin
March 11, 2020 at 8:48 AM ×

gg

Congrats bro Uji coba you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar