File Transfer Protocol (FTP)


FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)


Assalamualaikum wr.wb


Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang apa itu FTP (File transfer protocol), sejarah dan juga keamanan dalam FTP tersebut. dalam dunia IT atau jaringan FTP tersebut harus di install di dalam server sebagai media transfer data dari server ke client atau yang lainnya.

1. Pengertian


  • File Transfer Protocol 9FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP server dan FTP client.

  • FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tesebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan permintaan (request) dari FTP client.  


  • FTP Client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download,meng-upload, me-rename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

2. Sejarah FTP

Spesifikasi asli untuk File Transfer Protocol ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan sebagai RFC 114 pada tanggal 16 April 1971. Sampai tahun 1980, FTP berlari di NCP , pendahulu TCP / IP. [2] Protokol ini kemudian diganti dengan TCP versi / IP, RFC 765 (Juni 1980) dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi saat ini. Beberapa standar yang diusulkan mengubah RFC 959 , misalnya RFC 1579 (Februari 1994) memungkinkan Firewall-Friendly FTP (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998) menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan tipe baru mode pasif.

3. Anonimous FTP

Sebuah host yang menyediakan layanan FTP dapat memberikan anonymous akses FTP.  Pengguna biasanya login ke layanan dengan (huruf kecil dan huruf di beberapa server FTP) 'anonymous' akun ketika diminta untuk nama pengguna. Meskipun pengguna umumnya diminta untuk mengirim mereka email address bukan password, ada verifikasi sebenarnya dilakukan pada data yang diberikan. Banyak FTP host yang tujuannya adalah untuk memberikan pembaruan perangkat lunak akan memungkinkan login anonymous. 

4. Komunikasi dan transfer data



FTP dapat dijalankan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data dibentuk.  Dalam kedua kasus, klien membuat koneksi kontrol TCP dari acak, biasanya unprivileged, pelabuhan N ke server FTP command port 21.
  • Dalam modus aktif, klien mulai mendengarkan untuk koneksi data yang masuk dari server pada port M. Ini mengirimkan perintah FTP PORT M untuk menginformasikan server pada port itu mendengarkan. Server kemudian memulai saluran data ke klien dari pelabuhan 20, FTP port data server yang.
  • Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan tidak dapat menerima koneksi TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan kemudian menerima alamat IP server dan port server nomor dari server,  yang klien kemudian menggunakan untuk membuka koneksi data dari port klien sewenang-wenang untuk alamat IP server dan port server nomor diterima.
 
5. Kesimpulan


Pada dasarnya FTP merupakan sebuah protokol transfer data yang digunakan untuk mentransfer data dari client ke server maupun sebaliknya.


6. Referensi


https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/File_Transfer_Protocol&prev=search

Wassalamualaikum wr.wb 
 
Previous
Next Post »