Instalasi Icecast2 (Radio Streaming)


Instalasi Icecast2 (Radio Streaming)


Assalamualaikum wr.wb


Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang instalasi Icecast2 (radio streamming). sebenarnya icecast2 ini merupakan sebuah aplikasi yang di tanamkan di server yang di fungsikan untuk streaming radio.

1. Pengertian

Icecast adalah media streaming proyek dirilis sebagai perangkat lunak bebas dipertahankan oleh Xiph.org Yayasan . Hal ini juga mengacu khusus untuk server yang Program yang merupakan bagian dari proyek. Icecast diciptakan pada Desember 1998 / Januari 1999 oleh Barath Raghavan untuk memberikan opne source audio server streaming yang siapa pun bisa memodifikasi, penggunaan, dan bermain-main dengan. Versi 2 dimulai pada tahun 2001, sebuah penulisan ulang tanah-up yang bertujuan dukungan multi-format (awalnya menargetkan Ogg Vorbis ) dan skalabilitas; rewrite ini dirilis pada Januari 2004.

2. Latar belakang


The Icecast server mampu streaming konten audio sebagai Opus atau Vorbis lebih standar HTTP , video sebagai WebM atau Theora melalui HTTP, MP3 selama protokol komunikasi yang digunakan oleh SHOUTcast , AAC , dan NSV melalui protokol SHOUTcast (Theora, AAC, dan NSV hanya didukung dalam versi 2.2.0 dan yang lebih baru).
 
Icecast membutuhkan program eksternal, yang disebut "sumber klien", berasal sungai, dan proyek Icecast termasuk sumber client program yang dikenal sebagai es. Sumber itu berjalan biasanya di tempat di mana audio yang dihasilkan (misalnya, sebuah studio) dan server Icecast di tempat di mana banyak bandwith tersedia (misalnya, pusat colocation ). Sejak versi 2.4.0 sumber klien dapat menggunakan standar HTTP permintaan PUT polos bukan metode SUMBER kustom.

3. Maksud dan tujuan

Memeberikan akses radio streaming pada server sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan radio streaming di server kita.

4. Alat dan bahan

   a. PC/Laptop
   b. Server 
   c. Koneksi internet

5. Jangka waktu pelaksanaan

memerlukan waktu 10-15 menit

6. Tahap pelaksanaan

a. Pertama masuk dulu  ke super user


 
b. Lalu mulai install dengan #apt-get install icecast2


c. selanjutnya berikan hostname 


d. masukkan password yang akan di gunakan


e. lalu verifikasi password anda



f. masukkan password untuk administrator


g. setelah itu masuk kepengaturaan  layanan icecast2 dengan #nano/etc/icecast 
    /icecast2.xml


h. Masuk ke dalam pengaturannya untuk menggati password kita

 
seperti di bawah ini


i. setelah semua selesai terkonfigurasi lalu restart dengan #service icecast2 
   restart


j. Selanjutnya masuk ke browser dengan localhost:8000 dan masukkan user 
   name dan password


h. Sudah selesai dan ini tampilan icecast2


7. Referensi

Buku debian server_ver BLC TELKOM


Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »