Point to point protocol (PPP)


Point to point protocol (PPP)

 Assalamualaikum wr.wb

      Dalam jaringan, Point-to-Point Protocol (PPP) adalalah data link protocol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan koneksi otentikasi, transmisi enkripsi, dan kompresi.


     PPP digunakan di banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, saluran telepon, trunk line, telepon seluler, jaringan radio khusus, dan serat optik seperti SONET. PPP juga di gunakan melalui koneksi akses internet ( sekarang dipasarkan sebagai "broadband").

    PPP biasanya di gunakan sebagai lapisan data link protokol untukkoneksi melalui sinkron dan sirkuit asynchronous, di mana sebagian besar telah di gantikan yang lebih tua serial baris internet protocol (SLIP) dan perusahaan teleponstandart yang di amanatkan.
PPP di rancang untuk bekerja dengan baik dengan berbagai lapisan jaringan protokol, termasuk Internet Protocol (IP), getar novell Internetwork packet Exchange (IPX), NBF dan AppleTalk.

Struktur frame PPP

Jumlah Pengaturan variabel-variabel Padding opsional

Nama byte Keterangan
Protocol 1 atau 2 protokol dalam bidang Data
Informasi (0 atau lebih) datagram
Padding (0 atau lebih)

Protokol lapangan menunjukkan jenis payload paket (misalnya LCP, NCP, IP, IPX, [[AppleTalk] ], dll).
Bidang Informasi berisi muatan PPP, tetapi memiliki panjang variabel dengan maksimum dinegosiasikan disebut Maksimum unit transmisi. Secara default, maksimal adalah 1500 oktet. Mungkin dipadatkan pada transmisi, jika informasi untuk protokol tertentu dapat empuk, protokol yang harus memungkinkan informasi harus dibedakan dari bantalan.

Encapsulation

PPP frame dikemas dalam sebuah protokol lapisan bawah yang menyediakan framing dan dapat menyediakan fungsi lain seperti checksum untuk mendeteksi kesalahan transmisi. PPP pada serial links biasanya dikemas dalam membingkai mirip dengan HDLC, dijelaskan oleh IETF RFC 1662.

Jumlah alamat broadcast control by tevariabel-variabel Padding opsional kesalahan

Nama byte Keterangan
Bendera 1 menunjukkan frame memulai atau mengakhiri
Alamat 1
Kontrol 1
Protocol 1 atau 2 l dalam bidang informasi
Informasi (0 atau lebih) datagram
Padding (0 atau lebih)
FCS 2 (atau 4) memeriksa

The Flag lapangan hadir ketika PPP dengan HDLC seperti framing digunakan.
Bidang Alamat dan Kontrol selalu memiliki nilai hex FF (untuk "semua stasiun") dan hex 03 (untuk "informasi tak terhitung"), dan dapat dihilangkan bila PPP LCP Alamat-dan-kontrol-Lapangan-Kompresi (ACFC).

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Point-to-Point_Protocol

                                                                                  Wassalamualaikum wr.wb
Previous
Next Post »